Public Speaking






PUBLIC SPEAKING
Secara umum pengertian public speaking berarti adalah kemampuan berbicara di depan umum. Kemampuan berbicara di depan umum ini lebih merupakan keterampilan, sehingga kemampuan ini lebih banyak ditentukan berdasar latihan, pengalaman dan praktek. Erat hubungannya dengan penyampaian informasi, menjelaskan, menguraikan, mempengaruhi dan terlebih saat berpidato dalam menyampaikan gagasannya.

Kegunaan menguasai public speaking :
- Untuk menyampaikan ide secara sistematis dan runtut
- Untuk mempengaruhi massa dan orang lain
- Untuk menyampaikan dan mempertahankan pendapat
 
- Untuk mengikuti sebuah diskusi dan rapat dengan baik
- Untuk melakukan pidato di depan umum
- Untuk menambah kepercayaan diri
- Untuk menyampaikan sebuah presentasi
- Untuk memimpin rapat, sidang dan diskusi
- Untuk menambah kewibawaan dan citra diri
- Untuk sarana pengembangan diri
- Untuk sarana pembelajaran kepada orang lain
- Dll

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan public speaking :
1. Perhatikan penampilan
2. Perhatikan volume suara dan intonasi
3. Luasnya wawasan, perbendaharaan kata dan pengetahuan akan menambah sempurnanya public speaking.
4. Mengontrol waktu
5. Sikap mental

Metode public speaking
1. Ad Libitum/Impromptu
2. Manuscript/Reading compleate text
3. Memoriter/Memorizing
4. Extempore/Using note

Adapun teori dasar untuk memulai dan mengakhiri public speaking adalah melalui tahapan sebagai berikut :
1. Start of fire
Ini merupakan kemampuan membuka, mengebrak, memecah suasana untuk memulai berbicara. Arti harafiahnya adalah bagaimana kita menyulut api agar para pendengar terfokus perhatiannya dengan pembicaraan kita. Hal pokok yang ditekankan disini adalah mengambil perhatian pendengar.
2. Build a bridge
Sebelum masuk pada materi pokok kita perlu mengantarkan dengan perumpamaan, cerita aktual dimasyarakat yang sedang hangat, menarik perhatian lebih jauh untuk sebagai bahan perantara masuk pada materi pokok yang akan kita bicarakan. Arti harafiahnya adalah bagaimana kita membuat jembatan pembicaraan dari pembukaan dengan gebrakan menuju kepada materi pokok yang akan disampaikan.
3. For instance
Materi pokok diuraikan dan dibahas pada bagian ini. Penyampaian materi juga akan lebih bagus apabila disampaikan dengan contoh-contoh nyata, makanya bagian ini disebut dengan for instance artinya contoh – contoh konkrit. Kemampuan menguasai materi, luasnya pengetahuan, kemampuan empati akan menentukan pada bagian ini.
4. So What
Untuk mengakhiri pembicaraan biasanya ditutup- dengan langkah langkah tindak lanjut, bisa berupa pesan, harapan, point-point yang penting dan kesimpulan. Jadi pembicaraan diakhiri dengan sempurna. Ada pembukaan dan ada penutupan.


Hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan berbicara di depan umum atau pidato adalah melakukan persiapan, baik point-point yang akan disampaikan, materi, persiapan mental, dll sesuai dengan ketentuan di atas akan mempengaruhi keberhasilan melakukan public speaking.
Begitu pentingnya Public Speaking bagi seorang pemimpin, kemampuan tersebut harus dilatih secara serius dan secara terus menerus. Kemampuan Public Speaking yang sederhana, tidak mungkin bisa membawa pengaruh yang kuat pada para pengikutnya. karena itu dibutuhkan keterampilan khusus dan teknik tertentu agar public speaking yang dilakukan dapat lebih efektif. Untuk bisa mengembangkan kemampuan public speaking kita dengan baik, diperlukan ‘jam terbang’ yang tinggi dalam berbicara di depan umum.
Sebenarnya, kepercayaan publik kepada seorang pemimpin yang kemudian membuat mereka dapat dipengaruhi oleh pemimpin tersebut ditentukan oleh seberapa jauh konsistensi seorang pemimpin dalam melakukan semua yang ia pikirkan dan katakan. Public speaking yang baik adalah orang yang mampu menyampaikan pesan kepada orang banyak, namun pesan dapat sampai ke penerima pesan sesuai dengan apa yang ingin disampaikan. Maka dari itu kemampuan untuk membuat narasi yang cerdas sangat juga berpengaruh dalam lancarnya public speaking.


Kita dapat melatih kemampuan public speaking kita sendiri di rumah. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan cermin yang ada di rumah. Berikut ialah cara berlatih public speaking di rumah dengan bantuan cermin:
1. Pilihlah cermin dengan ukuran cukup besar dan cukup jelas, coba sampaikan materi tersebut di depan cermin.
2. Perhatikan aspek verbal seperti artikulasi, pengejaan, nada dan volume suara.
3. Berlatihlah setiap saat agar terbiasa, maka kita akan lebih tahu bagaimana menyampaikan materi secara tepat dan benar, baik pada aspek verbal, nonverbal maupun mental yang kita siapkan. Dalam sebuah presentasi maupun berbicara di depan umum lainnya, secara mendadakpun kita bisa.





Refrensi:
https://id-id.facebook.com/InvenioIndonesia/posts/225961890845710

No comments:

Post a Comment